Share This Article

Batusangkar – Auditorium kampus 2 UIN Mahmud Yunus Batusangkar menjadi saksi pelaksanaan Pelatihan Pengembangan Karir bagi para Wisudawan ke-55 pada Senin, 26 Februari 2024. Dibuka dengan penuh semangat oleh Wakil Rektor bidang kemahasiswaan alumni dan kerjasama, acara ini menjadi momentum penting bagi 776 peserta yang terdiri dari berbagai fakultas.

Dalam suasana yang penuh antusiasme, dekan, wakil dekan, dan Kabag selingkup UIN Mahmud Yunus Batusangkar turut hadir memberikan dukungan kepada peserta. Selain itu, panitia pelaksana yang telah bekerja keras juga ikut memeriahkan suasana.

Peserta yang hadir berasal dari berbagai fakultas, dengan jumlah terbanyak dari FTIK sebanyak 366 orang, diikuti oleh Fasya dengan 118 orang, dan Febi dengan 275 orang. Meski demikian, kehadiran 43 wisudawan Pascasarjana yang tidak dapat ikut karena sebagian besar sudah bekerja, menunjukkan betapa pentingnya pelatihan ini bagi mereka yang akan memasuki dunia kerja.

Pentingnya pelatihan karir pun menjadi fokus utama, dengan penekanan pada ajaran agama serta hasil angket pusat karir yang melibatkan 905 calon wisudawan. Tema “Upgrading Self-Value and Finding Your Passion” diusung dengan harapan memberikan pemahaman, keterampilan, dan motivasi kepada para wisudawan.

Tiga narasumber kunci hadir untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka. Winbaktianur MA dari UPT PKK UIN IB Padang memberikan pandangan tentang pentingnya update CV dan kiat sukses wawancara. Sementara itu, Drs Suhermen dari Kadis Depnakerin Kab Tanah Datar memberikan wawasan tentang tantangan dunia kerja saat ini, dengan pengantar dari dalil Al-Qur’an dan hadis. Dr. H. Dasril, M.Pd dari UPT Pengembangan Karir UIN Mahmud Yunus Batusangkar juga turut berkontribusi dalam penyampaian materi.

Diharapkan, pelatihan ini akan memberikan bekal yang berharga bagi para wisudawan dalam menghadapi dunia kerja yang semakin kompetitif, serta membantu mereka menemukan passion yang akan membawa mereka menuju kesuksesan karir.